Perbuatan Kasih Setia Tuhan di 2019 & 1 Resolusi 2020

Di malam terakhir 2019, pk. 22.30 aku mulai ngantuk, nguap melulu sempat udah matikan lampu, entah kenapa aku nyalakan lagi.

Oh ya niatan baca Bible dari buku Alkitab, bukan via handphone. Mau buka Bible nih, mau bincang-bincang Ama God Father juga sih.

Aku belum buka Bible eh keburu nulis dulu, ceritanya sebelum bikin resolusi 2020 mau bersyukur buat yang sudah diperoleh di tahun 2019.
Apa aja liatnya coba aku pikirkan dulu : 
1. Bersyukur di awal Januari aku dan Tante Paula berkesempatan ikut retret awal gratis di Cikanyere, ini berkat sepupuku ci Li Fung memberi berkat. 
Puji Tuhan mendapatkan karunia baru, belajar bahasa Roh.

2. Februari acara Imlek di Bandung bersama keluarga besar pihak papah dan keluarga besar mamahku. Puji Tuhan semua keluarga sehat.

3. Puji Tuhan terlibat dalam pelayanan di camp wanita bijak ibu Tasikmalaya.

4. Puji Tuhan bersyukur bahwa di tahun 2019 , aku bergabung sebagai anggota Legio Maria Bunda Hati Kudus.

5. Puji Tuhan kesempatan Ziarah ke Purwokerto bersama komunitas lansia Santa Monica

6. Bersyukur atas Pembekalan Aktivis di Pangandaran gratis subsidi dari gereja Hati Kudus Yesus Tasikmalaya

7. Sukacita banget karena sempat bikin paspor sendiri ke kantor imigrasi, klik tiket sendiri dan ngumpulin teman dan 2 keponakan , jadi di tahun 2019 impian ke luar negeri dicapai. Thanks God. Liburan ke Kuala Lumpur, backpacker-an. Pulang liburan aku bersyukur dalam misa pagi,  God langsung kasih tiket dan sahabat yang menemani buat liburan 2020 ke Singapore. Tuhan memang dahsyat. Yes !

8. Beberapa kali keluar kota : ada ke Bandung baik acara ultah sahabatku Ci Natalia di seminari, menginap di rumah sahabatku Gina, kumpul sama sahabat dan beberapa kali diajak Ci Miming main , ke Sukabumi makan siang. Dll.

9. Tahun 2019 bersyukur untuk dua kali mengikuti Kebangunan Rohani Katolik. Pertama di Senayan Jakarta dan terakhir KRK di Tasikmalaya.

10. Bersyukur ada penghasilan dari usaha online store, jastip, open PO Luar Negeri.

11. Bersyukur sehat selama 2019

12. Bersyukur tiba tiba  ditawari job free lance di Karawaci. Aku ingat menjawab via chat wa dalam perjalanan ke Sukabumi. Thanks Mrs. Tresy inget sama aku. 

13. Puji Tuhan beberapa kali ke Karawaci sempat bertemu cici-cici sepupuku, Lily Fidelia, Tresy J, Lily Angelia (serba lili namanya sama.) Hehe 

14. Bersyukur dibimbing dalam komsel modul 2 sesi Teladan WB Single oleh Ibu Lidya Fransisca,  bersekutu dengan teman komsel belajar Firman Tuhan sungguh waktu yang berharga.

15. Bersyukur atas pemberian pupies dari Koh Dicky, udah jauh jauh dari Cikarang anterin ke Bandung dan buat hal-hal lain yang suka aku repotin. Bersyukur bertemu dan berteman sama mamihnya kokoh, Tante Yohana P.

16. Bersyukur buat kehadiran Merci, God, now i have pupies. Merawat Merci banyak belajar hal baru.

17. Bersyukur selalu diajak nonton film film bagus di bioskop, gratis lho oleh keluarga sepupuku, ko Siung2, asoh Cacaw, Pakmeh Siu Lan, Rerey & Kim. Pulang nonton or sebelumnya pasti makan dulu.

18. Puji Tuhan atas kepercayaan pelayanan bersama Tim Kesehatan Hati Kudus Yesus dalam Acara Donor Darah di Gereja. Tahun 2019 maaf baru 2x bantu. 

19. Puji Tuhan pengalaman baru belajar jadi MC di Seminar Legio Marie. Terimakasih buat Sr. Helena atas pembelajarannya.

20. Puji Tuhan untuk teman-teman baru dalam hidupku, untuk para customerku juga. 

21. Bersyukur untuk Natalan di BSD, berjumpa dan berkenalan lebih dekat dengan keluarga Saih, ci Lena, ci Lani, ci Lia dan keluarga besar.

22. Bersyukur sebagai legioner, kebersamaan dalam rapat, saat pelawatan ke orang sakit, ke orang tua,  saat berdoa Rosario bersama.

23. Bersyukur untuk les gitar gratis oleh Ci Ase, istri kiu-kiu Pen Pen,  guruku yang sabar banget. Tidak terasa udah 1 tahun belajar metik , even cuma seminggu sekali tapi sekarang berasa makin suka dan sehari nga ngegitar merasa ada yang kurang.

24. Bersyukur buat perlindungan dalam perjalanan baik saat nyetir motor, maupun perjalanan ke luar kota, ke luar negeri , semua baik baik saja.

25. Bersyukur punya tetangga sangat baik, suka mengajak makan dan main, ada Ci Iin, ada Ci Cucuy yang sudah kaya saudara. 

26. Bersyukur buat Nik Nik, keponakan yang masih 4 SD, kita sering janjian bagi bagi baso goreng, janjian makan di restoran, janjian nonton dll.

27. Bersyukur buat acara pernikahan sepupuku Erick dan pasangannya Marcella.

28. Bersyukur untuk pertemuan keluarga besar Lie yang berlangsung baik.

29. Bersyukur tahun ini aku mendapat hadiah undian tas branded Michael Kors.
Kalo aku renungkan dulu saat Tuhan kasi aku hadiah motor, aku berdoa lho minta Tuhan tolong tapi aku nga nyadar bahwa aku ikut undian dan sekarang saat God kasih kado lagi sebenarnya aku juga dalam kondisi berusaha dan berdoa. Jadi Ora ET Labora yah, Trust God bakal memberi sesuai waktu-Nya dan pilihan-Nya yang terbaik.

30. Puji Tuhan banget aku tuh berkecukupan dalam hal sandang pakaian, baik dari pemberian sodara, dari kegiatan gereja dan ada juga beli beli sendiri ceritanya sekalian beli sekalian jualan baju. Hehe 

31. Puji Tuhan masih bisa nabung biarpun nga banyak. Ditambah akhir tahun ini aku dapet Kartu Kredit dan fasilitas fasilitas dari online seperti Shoppe Pay Later, Traveloka Pay Later. Setidaknya musti bijak mengelola semua itu.

32. Bersyukur berkesempatan ikut Festival Lansia di Keuskupan Bandung dan suka dilibatkan ikut melayani para lansia

33. Di Tahun 2019 ini aku juga berkesempatan beberapa kali berdoa di Menara Doa 

36. Bersyukur di tahun 2019 ada dua Gereja yang baru pertama kali aku kunjungi : Paroki Santo Agustinus Karawaci dan Paroki Santa Monica , BSD. Aku punya kebiasaan saat pertama kali datang di gereja baru , doa 3 permohonan hehe. Jadi nga pernah bosen nih berkunjung ke gereja-gereja baru. 

Point-point di atas keliatan nya di tahun 2019 semua baik tapi ada juga lho hal-hal yang bikin aku sedih dan bahkan galau. 

Hal yang bikin sedih di tahun 2019 :
1. Kepergian Kukuh Anih 
2. Sahabatku Gina mendadak dipanggil kerja di kapal pesiar di Eropa.
3. ........ ini agak pribadi, not to publish :)
Meskipun no 1 & 2 bikin aku nangis , 
nah no 3 lebih bikin aku apa yah , bikin galau iya,  bikin banyak merenung dan bagusnya bikin aku lebih rajin berdoa, dan curhat nulis ke God.

Puji Tuhan mungkin sudah lebih dewasa, dan saat ujian dateng untungnya lebih dibawa banyak berdoa dan berusaha tetap semangat.

Aku juga dikuatkan oleh bimbingan rohani plus nasihat dari Ci Meyli (Ibu Lidya Fransisca), nasihat Cici sepupuku Ci Li Fung untuk banyak berdoa. Kebaikan Ci Afung, Ci Cucuy yang care sama aku. Banyak orang yang care sama aku, baik sahabat, maupun keluarga yang nga bisa aku sebut satu satu. 
Dan bersyukur kedekatanku di tahun ini bersama Bunda Maria. 

Life must go on ! 
Jadi ayo anugerah 2020 sudah menanti.

Semalam pk 23.40 cuma sebentar banget buka Bible nya tapi ayatnya sungguh bermakna dan langsung ketiduran nyenyak. Bunyi ayatnya pas banget sama rasa syukur yang aku tulis : 
Aku hendak menyebut-nyebut perbuatan kasih setia Tuhan, 
perbuatan Tuhan yang masyhur,
sesuai dengan segala yang dilakukan Tuhan kepada kita, 

Yesaya 63: 7a

Satu resolusi Tahun Baru 2020 yang terbersit  adalah mau berusaha baca Alkitab Setahun lagi. Semoga Roh Kudus memampukan. 

Ket :  Foto seusai PerayaanEkaristi Syukur Tahun Baru, 1 Januari 2020 di Gereja Katolik Hati Kudus Yesus Tasikmalaya


Comments

Popular posts from this blog

Doa Legio Maria, Doa Tessera, Doa Catena Legionis, Doa Untuk Memohon Beatifikasi Hamba Allah Frank Duff

Retret Awal Lembah Karmel Cikanyere, My diary with God part 90

Catatan bersama Tuhan part 59 : Loh Hati