Catatan kecil bersama Tuhan part 40 : Mengenal Roh Kudus part 1

Tuhan bantu aku lebih mengenal pribadiMu khususnya hari ini mengenal Roh Kudus.
Saat pagi hari ketika belajar Firman lewat buku saat teduh "Mutiara Kehidupan Wanita" 
tiba-tiba terlintas ingin mengerti dan mengenal lebih dalam tentang Roh Kudus.

Sebenarnya kalo ditanya mengenai Roh Kudus jawabanku paling Roh Kudus adalah bagian dari pribadi Allah Tritunggal yaitu Bapa, Putra dan Roh Kudus. 

Coba kalau teman-teman ditanya menjelaskan Roh Kudus pikirkan sejenak jawaban apa yang akan diberikan.

Karena pengenalanku akan Roh Kudus minim jadi tadi pagi sempet gogling2x.
Ketika mulai gogling2x maka yang muncul pertama adalah pengertian dari Wikipedia sbb :

Roh Kudus adalah pribadi Tuhan dalam konsep Tritunggal. 
Roh Kudus (dalam bahasa Ibrani רוח הקודש Ruah haqodesh) adalah pribadi penolong yang memimpin kita, dalam bentuk Roh (pneumabahasa Yunani: πνεύμα) yang dijanjikan oleh Yesus Kristus sebelum kenaikan-Nya ke surga.

Menurut ajaran Kristiani, seorang Kristen memiliki Roh Kudus di dalam dirinya. Roh Kudus merupakan Roh Allah yang menolong, memimpin, menghibur, dan menjadi Teman Yang Setia. 

Roh Kudus menuntun umat Kristiani agar hidup sejalan dengan kehendak Tuhan. Roh Kudus juga merupakan penghubung antara umat Kristiani dengan Allah.

Kemudian aku gogling lagi mulai dengan kata mengenal Roh Kudus. Maka muncul penjelasan lain. 

Apa yang Alkitab katakan mengenai identitas Roh Kudus? 

Secara sederhana – Alkitab mengatakan bahwa Roh Kudus adalah Allah. Alkitab juga mengatakan bahwa Roh Kudus adalah sebuah Pribadi yang memiliki akal budi, perasaan dan kehendak.

Fakta bahwa Roh Kudus adalah Allah dapat dilihat dengan jelas dalam banyak ayat-ayat Alkitab, termasuk Kisah Rasul 5:3-4.

Dalam ayat ini Petrus mengkonfrontir Ananias yang berbohong kepada Roh Kudus dan memberitahu dia bahwa Ananias bukan “mendustai manusia tetapi mendustai Allah.” Ini adalah merupakan sebuah pernyataan yang jelas bahwa berbohong kepada Roh Kudus adalah berbohong kepada Allah. Kita juga mengetahui bahwa Roh Kudus adalah Allah karena Dia memiliki sifat-sifat  Allah.

Roh Kudus mahahadir ( Mazmur 139:7-8): “Ke mana aku dapat pergi menjauhi roh-Mu, ke mana aku dapat lari dari hadapan-Mu? Jika aku mendaki ke langit, Engkau di sana; jika aku menaruh tempat tidurku di dunia orang mati, di situpun Engkau.”

Kemudian di dalam 1 Korintus 2:10 kita menemukan kemahatahuan dari Roh Kudus. “Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah. Siapa gerangan di antara manusia yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri manusia selain roh manusia sendiri yang ada di dalam dia? Demikian pulalah tidak ada orang yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri Allah selain Roh Allah.”

Roh Kudus itu kekal (Ibr 9:14)

Roh Kudus itu mahakuasa (Luk 1:35)

Roh Kudus itu suci (Luk 11:13)

Roh Kudus dapat berduka (Efesus 4:30).

Roh Kudus berdoa syafaat bagi kita (Roma 8:26-27).

Roh Kudus membuat keputusan sesuai dengan kehendakNya (1 Korintus 12:7-11).

Roh Kudus adalah Allah, “Pribadi” ketiga dari Trinitas. Sebagai Allah, Roh Kudus dapat betul-betul berfungsi sebagai Penghibur dan Penasehat yang Yesus janjikan (Yohanes 14:16, 26; 15:26).

Orang Kristen percaya bahwa Roh Kuduslah yang menyebabkan orang percaya kepada Yesus.

Roh tinggal di dalam diri setiap orang Kristen sejati. Setiap tubuh orang Kristen adalah Bait Suci tempat tinggal Roh.

RohKudus digambarkan sebagai 'Penghibur' atau 'Penolong' (paracletus dalam bahasa Latin, yang berasal dari bahasa Yunaniparakletos), dan memimpin mereka dalam jalan kebenaran.

Karya Roh di dalam kehidupan seseorang dipercayai akan memberikan hasil-hasil yang positif, yang dikenal sebagai Buah Roh.
Rasul Paulus mengajarkan bahwa seorang pengikut Kristus haruslah dapat dikenali melalui buah Roh, yaitu kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, dan penguasaan diri.


Buah-buah yang pertama nampak dalam kehidupan batin: kasih, sukacita, dan damai sejahtera.

Kasih yang dibicarakan di sini bukanlah perasaan nafsu yang sering disebut cinta. Ini adalah sesuatu yang lebih dalam, lebih luas dan lebih tinggi daripada  cinta. Ini adalah hal yang mendasar dalam kehidupan, sesuatu yang  hanya dapat diberikan oleh Roh Kudus.

Buah-buah yang kedua nampak dalam kehidupan yang bisa dilihat: kesabaran, kebaikan, kemurahan. Kesabaran berarti tetap tenang pada saat mengalami sesuatu yang tidak benar atau ketidakadilan. 

Ini adalah suatu kemampuan untuk menerima penghinaan tanpa merasa sakit hati, dan tetap menjaga sikap kita ketika ejekan dan fitnah diberikan.

Buah-buah yang ketiga nampak dalam hubungan seseorang dengan dirinya sendiri: kesetiaan, kelemahlembutan, dan penguasaan diri. 

Kesetiaan berarti ketaatan kepada Allah dan kepada manusia.

Kelemahlembutan tidak berarti kelemahan. Tuhan Yesus lemah lembut, tetapi Dia bukanlah seorang yang lemah.

 Hal yang terakhir adalah  penguasaan diri. Merupakan hal yang sulit untuk mengendalikan diri sendiri. Kita harus melawan nafsu dan hal-hal yang jahat dalam sifat alamiah kita. Kita sering kalah. Satu-satunya kuasa yang   dapat memberikan kemenangan atas kejahatan adalah Roh Kudus.

Sebenarnya masih banyak pengetahuan mengenai Roh Kudus salah satunya tentang karunia Roh Kudus. Tapi hari ini sudah panjang catatan pengenalanku mengenai Roh Kudus.

Ayo kita sama-sama berdoa :
Ya Tuhan Maha Baik, 
Kiranya aku (sebutkan nama) semakin mengenal Roh Kudus sebagai pribadi yang setia, penolong, penghibur dan yang berkuasa dalam hidupku. Semoga buah buah Roh Kudus bertumbuh subur dan mengakar kuat dalam hidupku untuk kemuliaan Nama Tuhan. Aku panjatkan doa ini melalui perantaraan Tuhan Yesus Kristus. Dalam nama Bapa, Putra dan Roh Kudus. Amin. 


Aku pernah menulis dalam catatan sebelumnya bahwa karena Roh Kudus adalah sebagai pribadi ajak, libatkan selalu dalam keseharian hidup kita !


Oiya sebagian tulisan artikel di atas selain dari Wikipedia aku kutip dari blognya giakampungdalam.

Terimakasih atas artikel-artikel Kristiani di internet. Tapi pilihanku yang dirasa pas saja saat bacanya.

Roh Kudus selamat malam, terimakasih sudah malming bareng aku dan pembaca setiaku.

God loves you all. 🤗😘 XOXO !

Nb : 
XO: hugs and kisses (peluk dan cium)


Comments

Popular posts from this blog

Doa Legio Maria, Doa Tessera, Doa Catena Legionis, Doa Untuk Memohon Beatifikasi Hamba Allah Frank Duff

Retret Awal Lembah Karmel Cikanyere, My diary with God part 90

Catatan bersama Tuhan part 59 : Loh Hati